Pengembangan sistem yang dapat membantu proses pelayanan pengaduan pengadaan barang/jasa pemerintah secara lebih efektif dan efisien dalam mengakomodir pengaduan dari K/L/PD atau non K/L/PD. Tidak hanya membantu penyelesaian perkara pengadaan, diperlukan upaya untuk menciptakan keterbukaan, transparansi, akuntabilitas serta prinsip persaingan yang sehat dalam proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah melalui peningkatan unsur pengawasan dalam pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan tujuan pencegahan dan mengurangi kasus pengadaan.
Pengawasan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah akan bertumpu pada 2(dua) unsur utama, yakni Pengawasan yang dilakukan oleh Internal Pemerintahan melalui peran APIP dan Pengawasan yang dilakukan oleh Masyarakat. Untuk itu dibutuhkan penyediaan media pengawasan bersama oleh kedua unsur tersebut yang dapat menyampaikan aduan, hingga tindak lanjut dari aduan masyarakat. Seiring berkembangnya teknologi mempengaruhi bisnis proses Aplikasi Pengaduan PBJ yangtelah ada saat ini. Oleh karenanya dibutuhkan pengembangan sistem yang dapat membantu proses pelayanan pengaduan pengadaan barang/jasa pemerintahsecara lebih efektif dan efisiendalam mengakomodirpengaduandari K/L/PD atau non K/L/PD